Apa Itu Freelancer? 3 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Menjadi Freelancer! | Portal Desain & Digital Marketing

Apa Itu Freelancer? 3 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Menjadi Freelancer!

Apa itu Freelancer? Ini Perbedaannya Dengan Pekerja Biasa! – Zaman digital semakin maju, Anda pun mulai berselancar untuk mencari berbagai informasi mengenai banyak hal di internet. Termasuk bagaimana Anda bisa menghasilkan uang melalui internet. Dari banyaknya informasi yang Anda terima Anda mungkin mulai mengenal istilah freelance. Mungkin Anda bertanya-tanya, apa itu Freelancer?

Ya, istilah ini sering dipakai untuk menggambarkan seseorang yang bekerja secara mandiri dan tidak terikat kontrak dalam jangka panjang pada perusahaan manapun. Orang yang bekerja freelance disebut dengan freelancer.

Apa itu Freelancer? Ini Perbedaannya Dengan Pekerja Biasa!
freelancer

Biasanya, bidang yang ditangani oleh freelancer adalah yang berhubungan dengan teknologi. Artinya project yang dikerjakan memungkinkan untuk dikerjakan secara remote atau dari rumah. Misalnya saja adalah desainer website, desainer grafis, social media management, content dan copywriter atau pekerjaan sejenis lainnya.

Menjadi freelancer, Anda akan disuguhkan dengan persaingan yang cukup sengit dengan banyak pelamar job lainnya. Ya, menjadi freelancer, Anda harus juga jeli dan unggul dari lainnya agar dipilh dalam pemilihan job yang diberikan. Sebagai freelancer, Anda tentunya bebas menentukan jam kerja dari job yang diberikan.

Anda hanya cukup mematuhi dan memenuhi deadline yang ditentukan oleh pemberi project (project owner). Dari penjelasan ini mungkin Anda masih bingung dengan pengertian “Apa itu Freelancer?” kan? Setelah ini, Anda akan tahu “Apa itu Freelancer” beserta kelebihan dan kekurangannya kok!

Nah, yuk langsung simak penjelasan “Apa itu Freelancer?” dibawah ini ya!

Apa itu Freelancer?

Yups, freelance adalah sebuah pekerjaan lepas, dimana Anda akan mencari job/project yang Anda kuasai. Biasanya seoarang yang bekerja sebagai freelance disebut sebagai freelancer. Banyak sekali kelebihan dari bekerja sebagai freelancer, seperti Anda bebas menentukan jam kerja, menata jadwal Anda, tanpa harus mengikut dan terikat pada instansi tertentu.

Hanya saja, Anda harus menyelesaikan dan mengikuti dari pemiliki job/project yang Anda kerjakan. Biasanya pemiliki job/project yang Anda kerjakan memasang batasan waktu pengerjaan proyek yang dikerjakan, Anda wajib mematuhinya untuk bisa meningkatkan professionalitas Anda sebagai worker.

Apa itu Freelancer? Ini Perbedaannya Dengan Pekerja Biasa!

Dengan begitu, jika pemiliki job/project yang Anda kerjakan puas dengan pekerjaan Anda, ada kemungkinan mereka akan mengganakn jasa/skill Anda lagi di kemudian hari. Nah, untuk menjadi seorang freelancer apa saja sih yang harus dipersiapkan?

Baca Juga : 4 Jenis Freelancer Yang Wajib Kamu Tahu! Kamu Termasuk Yang Mana?

Apa Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Menjadi Freelancer?

Tak perlu banyak hal yang Anda siapkan untuk menjadi freelancer, simak tips berikut ini :

1. Memiliki Keahlian atau Skill

Setiap pekerjaan yang Anda jalani haruslah memiliki kemampuan. Begitu pula dengan seorang freelancer. Keahlian apa yang Anda tawarkan kepada calon klien menjadi kunci keberhasilan Anda menjadi freelancer. Anda wajib menonjolkan keahlian yang Anda kuasai untuk bisa bermain di dunia freelancer.

Tidak hanya itu saja, Anda harus memiliki hasil kerja dari proyek yang pernah ditangani. Proyek-proyek tersebut bisa Anda masukkan ke dalam portofolio untuk meyakinkan calon klien nantinya jika hendak melakukan kerjasama dalam sebuah proyek. Buatlah portofolio yang menarik dan baik agar bisa menunjukkan integritas Anda dan hasil pekerjaan yang pernah Anda kerjakan.

Apa itu Freelancer Portal Desain & Digital Marketing Apa Itu Freelancer? 3 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Menjadi Freelancer!

2. Minimal Anda Wajib Memiliki Koneksi Internet

Hal berikutnya yang wajib Anda perhatikan ketika menjadi seorang freelancer adalah harus melek teknologi. Pekerjaan ini memiliki mobilitas tinggi, terutama dalam komunikasi dan informasi. Anda akan memerlukan koneksi internet untuk berbagai kebutuhan Anda. Apalagi keahlian Anda dibidang dibidang yang memerlukan internet seperti website developer, dll. Gunakan juga internet untuk mencari berbagai informasi seputar bidang yang Anda kuasai.

Tak perlu internet yang terlalu kencang, cukup gunakan internet dengan kecepatan yang stabil untuk nantinya agar bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan klien, menawarkan jasa dan keahlian, dan mengerjakan proyek.

Apa itu Freelancer? Ini Perbedaannya Dengan Pekerja Biasa!

3. Atur Waktu Dengan Baik

Terakhir, syarat utama untuk menjadi seorang freelancer adalah perhatikan waktu yang Anda miliki. Anda harus menentukan sendiri waktu untuk mengerjakan proyek. Usahakan proyek yang berjalan Anda tidak mengganggu aktivitas lainnya sehingga dapat selesai tepat waktu. Kemudian, usahakan Anda mudah untuk dihubungi oleh klien ketika mereka memerlukan Anda. Anda wajib melayani mereka agar hasil proyek yang Anda kerjakan sesuai dengan permintaan dan kemauan mereka. Jika mereka puas dengan pekerjaan Anda, kemungkinan besar klien akan memberikan pekerjaan tambahan kepada Anda di lain waktu.

Baca Juga : 7 Keuntungan Bisnis Online Di Era Pandemi

Apa Itu Freelancer?
© Pexels.com

Kelebihan Menjadi Freelancer

Sebelum terjun dan masuk kedalam dunia per-freelance-an, tentu Anda perlu tau dulu nih, apa aja sih kelebihan menjadi seorang freelancer. Dari pada penasaran alias kepo, yuk langsung simak aja nih beberapa kelebihan yang bakal Anda dapatkan jika menjadi freelancer.

1. Quality Time Freelance

Menjadi freelancer mungkin adalah idaman bagi sebagian orang. Bayangkan saja, Anda tak perlu pergi pagi-pagi ke kantor untuk bekerja di perusahaan milik bos Anda. Artinya, dengan menjadi freelancer, Anda memiliki kebebasan waktu yang amat sangat. Tidak ada aturan yang akan mengekang Anda. Menarik bukan?

Apalagi jika Anda adalah seorang ayah dan kepala seorang kepala keluarga yang ingin lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga, baik istri, atau anak, freelancer mungkin cocok untuk Anda geluti lebih lanjut. Menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas, memungkinkan Anda bekerja fleksibel sesuai dengan waktu Anda.

2. Dimanapun dan Kapanpun!

Seperti poin pertama, Anda bebas sebebas-bebasnya mengatur tempat, dan waktu agar nyaman dalam bekerja. Tapi ingat, beberapa project biasanya memberikan deadline pengerjaan pada kurun beberapa hari. Jika Anda adalah seorang freelancer, Anda wajib memenuhi target pemenuhan target dari orang yang menyerahkan project kepada Anda.

Apa Itu Freelancer?
© Pexels.com

 

 

Sudah banyak sekali orang yang memanfaatkan freealance sebagai sebagai pekerjaan sampingan bahkan pekerjaan utama bagi mereka yang sudah pakar di bidangnya. Skill yang memungkinkan Anda untuk bekerja dari rumah seperti membuat perencanaan konten, Admin sosial media, desainer feed instagram, input data, conter writer, copy writer, SEO, web designer, web developer, dan berbgai skill lainnya.

3. Lebih mudah memulainya

Yups, menjadi freelancer juga lebih mudah dalam memulai. Sudah banyak sekali situs freelance yang menyebar baik di Indoensia, hingga luar negeri. Situs freelance yang cukup terkenal antara lain Fastwork.id, Projects.co.id, Sribulancer.com, Sribu.com, Fiverr.com, Freelancer.com, Upwork.com, Toptal.com, 99Designs.com, Gobann.com dan masih banyak lagi lainnya.

Tak se-ribet melamar pekerjaan pada umumnya, menjadi freelance tak memerlukan banyak persayaratan. Anda cukup kemas portofolio yang menarik mengenai skill yang Anda punya. Beberapa juga membutuhkan bukti project yang pernah Anda buat sebelumnya. Dengan begitu, Anda sudah cukup mampu meyakinkan klien Anda untuk menyerahkan project mereka pada Anda.

kekurangan menjadi Freelancer
© Pexels.com

Kekurangan Menjadi Freelancer

Setelah mengetahui beberapa kelebihan menjadi seorang freelancer, Anda tentu perlu tahu juga apa saja kekurangan menjadi freelancer bukan? Yuk langsung simak dibawah ini :

1. Frekuensi pekerjaan tidak menentu

Menjadi seorang hampir mirip seperti menjadi seorang bussinesman sebenarnya. Karena frekuensi mendapatkan pekerjaan tiap bulan juga tidak menentu. Belum lagi banyak sekali freelancer lain yang menjadi pesaing Anda. Hal ini tentu juga sangat bergantung dari bagaimana Anda mencari prospek untuk mendapatkan klien.

Memang ada orang yang menggantungkan hidupnya pada freelance, tapi tidak banyak. Kemungkinan mereka yang memiliki skill yang mumpuni dan berkolaborasi dengan tim. Banyak juga tim freelance yang biasanya meng-handle beberapa project sekalipun. Dengan begitu, Anda mungkin akan berpeluang untuk bisa mendapatkan frekuensi mendapatkan pekerjaan yang lebih besar karena bekerja sebagai tim.

2. Bertemu Dengan Klien Yang Kurang Menyenangkan

Menjadi freelancer, berarti Anda memberikan pelayanan berupa jasa pada klien. Secara teori, ini sama saja dengan menawarkan produk kepada pembeli. Tentu itu semua tak berjalan dengan mudah. Menghadapi klien tidak sesederhana kedengarannya. Banyak sekali tipe klien, sesuai dengan watak dan juga perilaku masing-masing klien.

Kekurangan Menjadi Freelancer
© Pexels.com

Ada beberapa klien yang terlalu banyak menuntut, bahkan memberikan harga murah pada jasa Anda. Anda sebaiknya jangan terlalu mudah menerima penawaran murah pada klien seperti ini. Anda lebih baik mengunggulkan profesionalitas dan hasil karya Anda. Jangan mudah dipengaruhi oleh mereka yang memandang rendah kepada jasa yang Anda tawarkan.

3. Pekerjaan Yang Penuh Ketidakpastian

Seperti seorang pebisnis, menjadi freelance artinya semua bergantung pada dirimu sendiri. Mulai dari manajemen waktu, manajemen diri, dan lain sebagainya semua bergantung pada Anda sendiri. Seiring berjalannya waktu Anda akan tahu bahwa dalam dunia freelance, tidak mungkin hanya mengandalkan skill.

Masih banyak hal lain yang harus Anda persiapkan untuk mempercayakan kepada klien mengenai siapa Anda, apa yang Anda kuasai, dan seberapa mahir Anda. Mungkin salah satu poin penting dalam mengembangkan bisnis yang menawarkan jasa adalah dengan membangun personal branding.

Kesimpulan

Banyak hal menarik dan unik dari freelancer. Ada banyak keuntungan jika menjadi freelancer. Seperti penjelasan “Apa itu Freelancer” di atas, Freelancer adalah pekerja lepas. Bila dibandingkan dengan karyawan biasa, freelancer ini lebih bebas. Mereka bisa bekerja di mana saja dan kapan saja atau bisa dibilang pekerjaan ini tidak memiliki ‘kantor’ sebagaimana karyawan biasa pada umumnya.

Mereka ini akan bekerja secara ‘remote’ asalkan koneksi internet lancar dan pekerjaan selesai tepat pada waktunya. Freelancer hanya mengandalkan skill dan kemampuan mereka untuk bekerja dimanapun dan kapanpun. Asalkan bisa menyelesaikan proyek tepat waktu dan sesuai dengan kemauan klien, itu sudah sangat cukup. Banyak sekali skill dan kemampuan yang bisa Anda coba pelajari untuk terjun ke dunia freelancer. 

Apa Itu Freelancer?
© Pexels.com

Nah, gimana sudah mulai ada pandangan tentang apa itu freelancer? Atau Anda masih bingung tentang apa itu freelancer? Takut masuk dunia freelance setelah tahu “Apa itu Freelancer”? Dilema masuk dunia freelance setelah tahu “Apa itu Freelancer”? Atau bahkan dari artikel “Apa itu Freelancer” ini Anda tertarik dan tertantang terjun ke dunia freelance? 

Yups, setelah tau apa itu freelancer Anda bisa belajar mulai sekarang. Dari artikel ini Anda mungkin sudah mulai paham dan bisa tahu Apa itu Freelancer, dan mulai memulai mencari project. Dari sedikit penjelasan di atas, Apa itu Freelancer mungkin sudah mulai memberikan gambaran kepada Anda. Jangan bersedih hati, jika Anda berusaha, Anda pasti akan menuai hasilnya.

Semoga artikel ini bisa memberikan membantu Anda mengetahui Apa itu Freelancer!

Share ke teman atau kerabat terdekat agar mereka juga tahu “Apa itu Freelancer”!

Tinggalkan komentar

Download GRATIS! 30+++ Template Social Media Powerpoint